PENCARIAN TIKET PESAWAT

Selasa, 19 November 2013

MASJID RAYA MEDAN YANG MENAKJUBKAN

Masjid Al MAshun Medan atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan terletak di jantung kota Medan. Meski umurnya sudah lebih dari 1 abad (berdiri tahun 1906), tapi bangunan dan seluruh ornamennya masih saja utuh dan kuat. Warisan kerajaan Islam Melayu Deli sampai sekarang masih sebagai kebanggaan masyarakat muslim Medan dan Sumater Utara. Masjid Raya Medan juga sebagai salah 1 masjid bersejarah di Indonesia.

Maka dari itu, masjid Raya Medan ini selalu ramai dikunjugi umat baik untuk beribadah atau sekedar ber itikaf siang/malam, apalagi kalau saat-saat bulan ramadhan, pintu Masjid Raya Medan ini nyaris tidak ditutup selama 24 jam. Masjid Raya Medan yang menjadi identitas kota Medan ini, memang bukan sekedar bangunan antik bersejarah biasa, tetapi juga menyimpan keunikan tersendiri mulai dari gaya arsitektur, bentuk bangunan, kubah, menara, pilar utama hingga ornamen-ornamen kaligrafi yang menghiasi tiap bagian bangunan tua ini.



Masjid dirancang dengan perpaduan gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Eropa abad 18. Masjid raya Medan, dikagumi orang karena bentuknya unik, tidak kaya bangunan masjid biasa yang bentuknya segi empat. Masjid ini berbentuk bundar segi delapan dengan 4 serambi utama, di depan, belakang, dan samping kiri kanan, yang sekaligus menjadi pintu utama masuk ke Masjid Raya Medan. Antara serambi 1 dengan serambi lainnya dihubungkan dengan selasar kecil, sehingga melindungi ruang utama dari luar. Pada bagian dalam Masjid Raya ini, ditopang oleh 8 pilar berdiameter 0,60m yang menjulang tinggi dan sekaligus sebagai tiang penyangga kubah utama pada bagian tengah.

Sedangkan 4 kubah lainnya berada di atas ke 4 serambi selain ditambah dengan 2 buah menara kiri-kanan belakang Masjid Raya. Keunikan lainnya, mimbar ke 4 pintu utama dan 8 buah jendela serambi terbuat dari ukiran kayu merbau yang bergaya seni tinggi. Lengkap dengan ukiran dan hiasan ornamen khas Melayu Deli pada setiap sedut bangunan, yang serta merta melahirkan nilai-nilai sakral religius yang teramat dalam bagi setiap muslim yang melihatnya.

Ajak keluarga, teman - teman anda untuk travelling ke Medan sekarang juga. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi loh :) disana. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Datang dan cari info untuk reservasi di BPJ tour & travel.
 
Dapatkan info lengkapnya di Jl. S.Supriadi 12B (depan kantor samsat malang kota) sukun Malang 0341-836786 / 0341-9655475


Email : buanapersada.jaya@gmail.com
Web : bpjtravel.blogspot.com
atau cp : rexmodatnt (YM)
bpj_dita (YM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar